[Book Review] The Rules of Life


 Judul: The Rules of Life
Penulis: Richard Templar
Penerbit: Erlangga
ISBN:0131743961 (ISBN13: 9780131743960)

Dengan saya menulis review mengenai buku ini, saya telah melanggar peraturan yang ada dalam buku ini. Aturan tersebut berbunyi, Rahasiakan. Jika saya dapat bertemu dengan Richard Templar(semoga), saya akan meminta maaf kepadanya. Saya adalah tipe orang yang sangat selektif ketika disuruh menyimpan sebuah rahasia. Jika itu menyangkut kepentingan orang banyak dan bermanfaat, saya akan menyebar luaskan. Dan saya rasa semua orang harus membaca buku ini.


Analoginya, kita dapat membayangkan berada di sebuah tempat baru, yang kita belum pernah melihatnya bahkan mendengar namanya. Kita menjadi asing. Dan kita tidak punya alasan untuk tidak mengikuti aturan di tempat tersebut. Sederhananya, di tempat beribadah yang seharusnya menjadi tempat suci untuk beribadah dan berkomunikasi dengan Tuhan,maka kita tidak boleh membawa kambing ataupun sapi.




Dalam buku ini ada lebih kurang 100 aturan yang dapat kita lakukan. Semuanya hal yang mudah, hanya kita saja yang mungkin kurang memperhatikannya. Aturan-aturan yang ada dibagi menjadi 5 bab. Semuanya adalah Aturan Untuk Anda, Aturan Berpasangan, Aturan Sosial, Aturan Tentang Keluarga dan Teman, dan Aturan dunia.


Sewaktu saya membaca aturan-aturan yang disajikannya, saya merasa bodoh. Kenapa saya tidak melakukannya sebelumnya? Saya belajar banyak dari buku ini. Buku ini akan mengubah mindset kita terhadap segala hal yang sebelumnya kita anggap hal yang biasa, kenyataannya adalah luar biasa.
Richard Templar menuliskan aturan-aturan dengan bahasa yang santai sekaligus mudah dipahami. Dibeberapa bagian, ia juga menyelipkan rasa humor pada tulisannya. Itu mungkin bertujuan agar kita tidak mudah bosan, dan agar kita terus membaca aturan yang dibuatnya.


Aturan dalam buku ini layaknya sebagai pemandu kita agar lebih mengoptimalkan hidup kita, memecahkan masalah yang rumit dengan cara yang mudah, dan membuat kita lebih 'hidup'. Kita sebagai pembaca akan dapat langsung merasakan perubahan setelah menamatkan buku ini. Seperti cara pandang kita terhadap sesuatu bahkan merubah hidup kita menjadi lebih bahagia. Yang penting; bukan hanya kita saja yang dapat merasakan perubahan yang terjadi tapi juga orang-orang disekitar kita.


Saya sangat minta maaf telah mengutip aturan yang ada dalam buku ini. Tapi biarlah, niat saya hanya ingin menyampaikan kebaikan. Berikut beberapa aturan yang dibuat oleh Richard Templar:

   (-)Terimalah Apa Yang Sudah Terjadi
   (-)Dedikasikan Hidup Anda Pada Sesuatu
   (-)Bersikaplah Fleksibel Dalam Berpikir
   (-)Hanya Ikan Mati Yang Mengikuti Arus
   (-)Jangan Cepat Berteriak

Maka tidak heran jika saya menghimbau agar sampeyan-sampeyan semua untuk membaca buku yang bagus ini. Saya berani menjamin sampeyan akan mendapatkan sesuatu yang baru dari buku ini, sesuatu yang lebih baik.

Nilai buku ini: 8/10

Komentar

Postingan Populer